RSS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KTSP


Nama Sekolah
:
SDN 1 Pucakwangi
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester
:
5/ 2
Pertemuan ke-
:
1
Alokasi Waktu
:
2 X 35 menit (1 pertemuan)
Standar Kompetensi
:
Mendengarkan
Memehami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan

Kompetensi Dasar
:
5.1 Menanggapi cerita tentang peritiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan.

Indikator
:
5.1.1 Mendengarkan cerita “Mengenal Industri Mabel” secara lisan dengan cermat.
5.1.2 Mengajukan pertanyaan sesuai dengan pokok-pokok cerita “Mengenal Industri Mabel” dengan benar.
5.1.3  Menanggapi peristiwa dari cerita “Mengenal Industri Mabel” dengan baik.

 

A.           Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran :
1.      Peserta didik diharapkan dapat Mendengarkan cerita “Mengenal Industri Mabel” secara lisan dengan cermat.
2.      Peserta didik diharapkan dapat Mengajukan pertanyaan sesuai dengan pokok-pokok cerita “Mengenal Industri Mabel” dengan benar.
3.      Peserta didik diharapkan dapat Menanggapi peristiwa dari cerita “Mengenal Industri Mabel” dengan baik.

B.     Materi Ajar
1.      Teks dengaran “Mengenal Industri Mabel”
2.      Teknik menyusun pertanyaan dari cerita lisan.
3.      Cara menanggapi cerita lisan.

C.    Metode Pembelajaran
Ø  Ceramah
Ø  Inkuiri
Ø  Penugasan

D.    Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu
1.
Kegiatan Pendahuluan
Ø  Orientasi
Bercerita tentang “Mengenal Industri Mabelsecara lisan dan memberitahu peserta didik untuk menyusun pertanyaan tentang cerita yang didengar.

Ø  Apersepsi
Menginformasikan kepada peserta didik bahwa setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik harus mampu menanggapi cerita tentang Mengenal Industri Mabel .

Ø  Motivasi
Menginformasikan kepada peserta didik bahwa dengan kemampuan mendengarkan dan menanggapi suatu cerita dengan cermat, peserta didik dapat mengetahui pokok-pokok dari cerita yang didengarnya.


Ø  Pemberian Acuan
Ø  Materi yang akan dipelajari adalah menanggapi tentang peritiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan.
Ø  Guru akan memperdengarkan teks dengaran dua kali,mengajukan pertanyaan dan menanggapinya.



5 menit
2.
Kegiatan Inti
Ø  Eksplorasi
-          Peserta didik ditumbuhkan rasa ingin tahunya terhadap teks “Mengenal Industri Mabel” yang disimaknya.
-          Guru membimbing peserta didik untuk mencatat  pokok-pokok  isi teks yang didengarkan.
-          Peserta didik secara kritis menemukan  pokok isi teks dengaran.

Ø  Elaborasi
-          Peserta didik diminta untuk menyebutkan judul teks dengaran yang didengarkan
-          Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang cerita Mengenal Industri Mabel.
-          peserta didik akan memberikan tanggapan tentang cerita Mengenal Industri Mabel.

Ø  Konfirmasi
-          Guru memberikan umpan balik positif atas hasil kerja peserta didik
-          Guru memberikan penghargaan atas keberhasilan siswa mendengarkan teks dan membuat denah  dengan baik.
-          Guru mengajak  peserta didik yang belum berpartisipasi aktif untuk berpartisipasi lebih aktif.

60 menit

Kegiatan Penutup
-          Guru meminta siswa secara mandiri
1.      Tugas Terstruktur
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menanggapi cerita yang didengarnya secara lisan dari radio.

5 menit

0 komentar:

Posting Komentar