Nama
Sekolah
|
:
|
SDN 1 Pucakwangi
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa
Indonesia
|
Kelas/
Semester
|
:
|
5/ 2
|
Pertemuan
ke-
|
:
|
1
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
2 X 35
menit (1 pertemuan)
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
Mendengarkan
Memehami cerita
tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
5.1 Menanggapi cerita tentang
peritiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan.
|
Indikator
|
:
|
5.1.1 Mendengarkan cerita
“Mengenal Industri Mabel” secara lisan dengan cermat.
5.1.2 Mengajukan
pertanyaan sesuai dengan pokok-pokok cerita “Mengenal
Industri Mabel” dengan benar.
5.1.3 Menanggapi peristiwa dari cerita “Mengenal Industri Mabel” dengan baik.
|
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran :
1.
Peserta
didik diharapkan dapat Mendengarkan cerita “Mengenal Industri
Mabel” secara lisan dengan cermat.
2.
Peserta
didik diharapkan dapat Mengajukan
pertanyaan sesuai dengan pokok-pokok cerita “Mengenal
Industri Mabel” dengan benar.
3.
Peserta
didik diharapkan dapat Menanggapi
peristiwa dari cerita “Mengenal Industri Mabel” dengan baik.
B.
Materi Ajar
1.
Teks
dengaran “Mengenal Industri Mabel”
2.
Teknik
menyusun pertanyaan dari cerita lisan.
3.
Cara
menanggapi cerita lisan.
C.
Metode Pembelajaran
Ø Ceramah
Ø Inkuiri
Ø Penugasan
D.
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
Ø Orientasi
Bercerita tentang “Mengenal
Industri Mabel” secara
lisan dan memberitahu peserta didik untuk menyusun pertanyaan tentang cerita
yang didengar.
Ø Apersepsi
Menginformasikan kepada peserta didik bahwa setelah mengikuti
pembelajaran, peserta didik harus mampu menanggapi cerita tentang “Mengenal Industri
Mabel” .
Ø Motivasi
Menginformasikan kepada peserta didik bahwa dengan kemampuan mendengarkan dan
menanggapi suatu cerita dengan cermat, peserta didik dapat mengetahui pokok-pokok dari
cerita yang didengarnya.
Ø Pemberian
Acuan
Ø Materi
yang akan dipelajari adalah
menanggapi tentang peritiwa yang terjadi di sekitar yang
disampaikan secara lisan.
Ø Guru akan
memperdengarkan teks dengaran dua kali,mengajukan pertanyaan dan
menanggapinya.
|
5 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
-
Peserta
didik ditumbuhkan rasa ingin tahunya terhadap teks “Mengenal Industri
Mabel” yang disimaknya.
-
Guru membimbing peserta didik untuk mencatat pokok-pokok isi teks yang didengarkan.
-
Peserta didik secara
kritis menemukan pokok isi teks
dengaran.
Ø Elaborasi
-
Peserta didik diminta untuk menyebutkan judul teks
dengaran yang didengarkan
-
Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang cerita “Mengenal Industri
Mabel”.
-
peserta didik akan memberikan tanggapan tentang cerita “Mengenal Industri
Mabel”.
Ø Konfirmasi
-
Guru memberikan umpan balik positif atas hasil kerja
peserta didik
-
Guru memberikan penghargaan
atas keberhasilan
siswa mendengarkan teks dan membuat denah dengan baik.
-
Guru mengajak
peserta didik yang belum berpartisipasi aktif untuk berpartisipasi
lebih aktif.
|
60 menit
|
|
Kegiatan Penutup
-
Guru
meminta siswa secara mandiri
1.
Tugas Terstruktur
Guru memberikan
tugas kepada siswa untuk menanggapi cerita yang didengarnya secara lisan dari
radio.
|
5 menit
|
0 komentar:
Posting Komentar